Jumat, 28 Januari 2011

Berau, Baden-Wurttemberg, Germany

ups, gambar kekecilan. silahkan klik untuk memperbesar

Di saat ketika saya sedang fb-an, saya sering melihat, orang-orang yang berasal dari kota yang sama dengan saya, yakni Berau. Kebanyakan mencantumkan Berau, Baden-Wurttemberg, Germany sebagai kota asalnya. Memang, dalam system facebook, kita tidak bisa menulis kota asal maupun kota sekarang pada pengaturan profil sembarangan. Sehingga, ketika kita menulis Berau sebagai kota asal, maka system facebook akan mencari kota yang penulisannya mirip dengan Berau, jadilah Berau, Baden-Wurttemberg, Germany sebagai kota asal.


Yang jadi permasalahan disini, mengapa kabupaten Berau tidak ada dalam database kota di facebook? Sebenarnya ada, hanya saja kabupaten Berau ditulis dengan nama "Tanjungredep". Entah kenapa Tanjung Redeb menjadi Tanjungredep, hal ini bukan hanya terjadi di facebook tetapi pada peta, atlas, maupun google map terdapat kesalahan serupa, mungkin orang dulu salah ketik kali makanya kesalahan ini sampai sekarang masih berlanjut, bahkan ketika saya hendak ngecek ongkos kirim sebuah barang di website JNE, nama Berau tetap saja tanjungredep.

Lupakan mengapa Tanjung Redeb ditulis tanjungredep. Yang jadi permasalahan yang saya tulis ini adalah kenapa bukan Berau melainkan Tanjungredep? Jawabannya sederhana, karena Tanjung Redeb adalah ibukota kabupaten Berau. Kabupaten lain yang mengalami masalah yang sama adalah kab. Bulungan, di facebook, peta, atlas dan google map, kab. Bulungan ditulis dengan Tanjung Selor, sebab Tanjung Selor adalah ibukota kabupaten Bulungan.

Penulisan nama ibukota kabupaten dalam peta sebenarnya tidak salah dan itu adalah peraturan yang ada dalam kartografi. Karena symbol yang menandakan sebuah kabupaten/kota adalah symbol titik bukan symbol wilayah, jika saja pada peta sebuah titik bertuliskan Berau, bukankah Berau tidak hanya di wilayah itu saja? Melainkan seluruh wilayah yang mencakup segah, talisayan, sambaliung, gunung tabur dan lain-lain. Untuk itulah dibuatlah symbol titik Tanjung Redeb sebagai ibukota untuk mewakili semuanya. Bukankah di peta dunia hanya kota Jakarta saja yang ditulis sebagai perwakilan Indonesia?

Jika anda mengatakan tidak semua kabupaten seperti Berau yang nama ibukotanya dicantumkan pada peta, mungkin anda perlu mengecek, apakah nama ibukota kabupaten tersebut sama dengan nama kabupatennya. Contohnya saja kabupaten malinau, ibukotanya adalah kecamatan malinau, jadi jika anda mempunyai teman di facebook yang berasal dari Malinau, maka anda akan menemukan kota Malinau, Kalimantan Timur sebagai kota asalnya. Berbeda dengan Berau, Kutai Timur, Kutai Barat, Bulungan dmbyl yang menuliskan ibukota kabupaten sebagai kota asal.

Demikian tulisan yang saya buat untuk menambah wawasan kita, kurang lebihnya mohon maaf jika ada kesalahan (halah kaya pidato --" ). Jika ada opini lain, saya dengan senang hati menerimanya. :D

Oleh. Wisnu Denny Gunawan

2 komentar:

  1. waduh....perbedaan persepsai tentang nama daerah asal kita sudah biasa.Mengapa nama kota kecamatan lebih menonjol dibanding nama kabupaten ? persepsi saya, konon ada nama wilayah pemerintahan bagian utara namanya TARAKA.{coba anda baca dari kanan :KATARA /Kalimantan Utara sekarang berubah menjadi Tarakan }.Nama Kutai dulu berasal dari kata KATI :Kalimantan Timur.Kata Tenggarong asal kata Tenggara.Mungkinkah persepsi ini mendekati kebenaran ?

    BalasHapus
  2. haha, belajar sejarah yang baik ya, jangan bolos ;)

    BalasHapus